• RSS
  • Facebook
  • Twitter
Comments

Abstrak adalah ringkasan singkat dari artikel penelitian, tesis, review, lanjutan konferensi atau setiap analisis mendalam tentang topik tertentu atau suatu disiplin dan sering digunakan untuk membantu pembaca dengan cepat maksuda dan tujuan sebuah paper.

Abstrak ketika digunakan, selalu muncul pada awal naskah, bertindak sebagai titik-masuknya atau juga pendahuluan untuk setiap kertas akademik diberikan atau aplikasi paten. Abstrak dan indeks digunakan dalam disiplin ilmu yang ditujukan untuk menyusun paper, sastra untuk topik tertentu.


Ikhtisar ialah istilah atau sinopsis yang digunakan dalam beberapa publikasi / paper untuk merujuk hal yang sama yaitu "abstrak". Dalam laporan manajemen, ringkasan eksekutif biasanya berisi informasi lebih lanjut (dan informasi seringkali lebih sensitif) dan laporan ini tidak disebut dengan abstrak


Tujuan Penggunaan Abstrak


Literatur akademis menggunakan abstrak untuk berkomunikasi secara ringkas dari sebuah penelitian yang kompleks. Abstrak dapat bertindak sebagai entitas yang berdiri sendiri bukan paper. Dengan demikian, abstrak digunakan oleh banyak organisasi sebagai dasar untuk memilih penelitian yang diusulkan untuk presentasi dalam bentuk presentasi poster, platform / lisan atau presentasi lokakarya di sebuah konferensi akademis. 


Abstrak merupakan indeks yang memberikan gambaran terhadap isi seluruh paper. Paper karya ilmiah sering harus dibeli karena hak cipta dan / atau biaya penerbit dan karena itu abstrak adalah titik penjualan yang signifikan untuk cetak ulang atau bentuk elektronik dari teks lengkap.
Abstrak dapat menyampaikan hasil utama dan kesimpulan dari sebuah artikel ilmiah tetapi artikel teks penuh harus berkonsultasi untuk rincian metodologi, penuh dengan hasil eksperimen, penuh dengan data pengujian dan diskusi kritis dari interpretasi dan kesimpulan.

Abstrak memungkinkan seseorang untuk menyaring jumlah berlebihan isi paper, di mana peneliti dapat lebih percaya bahwa paper yang dibuat sangat relevan dengan penelitiannya. Setelah paper yang dipilih berdasarkan abstrak, mereka harus membaca dengan seksama untuk dievaluasi untuk relevansi. Hal ini umumnya menduga bahwa seseorang tidak harus mendasarkan kutipan referensi pada abstrak saja, tetapi manfaat untuk seluruh isi paper.

Contoh Abstrak

Penelitian ini bertujuan merancang suatu Aplikasi SMS untuk pendukung layanan informasi perkuliahan di Universitas Muslim Indonesia di Fakultas Ilmu Komputer jurusan Teknik Informatika kota Makassar terutama dalam pengelolahan layanan informasi perkuliahan yang berbasis Mobile Technology.

Cara yang dilakukan dalam penelitian ini adalah melakukan pengumpulan data yang berhubungan dengan pelayanan informasi perkuliahan di Universitas Muslim Indonesia kota Makassar, membuat pemodelan sistem dengan menggambarkannya menggunakan bagan alir sistem dan diagram arus data (DAD),  merancang sebuah aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman PHP dan databasenya menggunakan MySQL, di bantu dengan proyek aplikasi Gammu yang menjembatani sistem komputer dengan Handphone dan implementasi sistem.

Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa sistem komputerisasi dengan berbasiskan database yang berbasis Mobile Technology dapat membantu pelayanan informasi perkuliahan pada Universitas Muslim Indonesia Kota Makassar, Insya Allah dengan Aplikasi SMS untuk Pendukung Layanan Informasi Perkuliahan di Universitas Muslim Indonesia kota Makassar yang telah dirancang penulis, dapat membantu mempermudah pemberian Infomasi perkuliahan.

Kata kunci : aplikasi, sistem informasi, pendukung layanan perkuliahan, berbasis web, Mobile Technology.




Categories:

Leave a Reply